Translate

Total Tayangan Halaman

Psikologi Dan Teknologi


Pada jaman yang  modern seperti sekarang ini, penggunaan teknologi sudah tidak lagi asing di telinga kita. Hampir semua bidang pekerjaan dan ilmu menggunakan teknologi sebagai media komunikasi ataupun media pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam berbagai bidang pekerjaan dan ilmu ini pun pasti diputuskan dengan berbagai macam pertimbangan. Salah satunya adalah nilai positif yang bisa didapatkan dari penggunaan teknologi tersebut.
Saat ini, proses pembelajaran di kelas-kelas pun banyak mengalami modernisasi dengan digunakannya media tekhnologi, seperti digunakannya internet, email, dan software-software pembelajaran membantu siswa dalam belajar dan mencari informasi yang bersangkutan dengan mata pelajaran di sekolah. Dalam dunia pekerjaan, software-software banyak digunakan oleh masing-masing departemen untuk membantu memproses data. Dalam akuntasi dan ekonomi, SPSS (Statictical Package for the Social Sciences) sangat membantu para karyawan. Pada Psikologi pun teknologi membawa keuntungan yang cukup banyak. Seperti misalnya penggunaan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) sangat membantu dalam penelitian dan pemrosesan data penelitian terutama pada penelitian yang menggunaka metode kuantitatif,  kemudian pada departemen Human Resource Development juga banyak menggunakan alat-alat test yg sudah disusun dalam bentuk komputerisasi, sehingga memudahkan testee (atau orang yang dites) dan juga petugas skoring (tester) untuk menskor hasil-hasil test. Para petugas tidak lagi harus bergelut dengan sistem skoring tulis tangan yang cukup melelahkan dan memakan waktu serta sumber daya manusia yang cukup banyak pula.
Selain itu, kemajuan teknologi juga membantu kemajuan meluasnya perkembangan ilmu Psikologi. Saat ini banyak terdapat situs-situs yang berbentuk majalah online yang membahas mengenai isu-isu psikologis terkini. Baik pelajar, pengajar, maupun masyarakat awam bisa mengakses informasi dan menerima informasi dari situs-situs seperti ini. Hal ini tentunya sangat membantu perkembangan ilmu psikologi dan masyarakat umum.
Jadi pada saat ini perkembangan tekhnologi sudah sangat pesat berkembang dan merambah tidak hanya pada satu titik tetapi sudah merambah dan membantu banyak sekali ilmu dalam mempermudah pembelajaran di dalamnya, tapi ingat teknologi hanya sebagai alat bantu mempermudah tidak sepenuhnya tekhnologi bisa menyelesaikan apa yang kita inginkan kembali ke diri kita masing-masing untuk menyelesaikan sesuatu.

0 komentar

Popular Posts